Rabu, 15 Agustus 2012

SYIRIK KECIL


sebuah perjalanan
بسم الله الر حمن الرحيم
SYIRIK KECIL
Syirik yaitu menyekutukan Allah dengan yang lain atau menganggap Allah berkawan atau juga percaya bahwa Allah ada banyak.
Syirik kecil yaitu syirik yang menjadikan pelakunya tidak keluar dari agama islam (pelakunya tetap islam), tetapi syirik kecil itu dapat mengurangi tauhid(keesaan Allah).

Syirik Kecil Ada Dua Macam:

1.     Syirik Zahir (Nyata Atau Nampak)
Syirik Zahir ini seperti:
Dalam bentuk ucapan kita misalnya: “ kalau bukan karena saya pasti kamu sudah celaka” nah, supaya tidak menjadi syirik hendaknya kita mengatakan “semua itu kehandak Allah kemudian melalui perantaraan saya kamu jadi selamat”
Sebabagai mana firman Allah dalam surat At-Takwir ayat:29
 
"Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan semesta alam".

Manusia itu tidak dapat berbuat seauatu tanpa izin Allah, misalnya kita tidak dapat menolong orang lain tanpa izin atau kehendak Allah.

2.     Syirik Tersembunyi
Yaitu syirik dalam hal keinginan dan niat, seperti Riya’ (ingin di puji orang). Misalnya memperindah dalam membaca Al- Qur’an agar di dengar orang lain, sehingga mereka memujinya.
Jika kita berniat untuk melakukan amal dan dicampuri dengan Riya(ingin di puji orang),maka amal itu menjadi tertolak. Karena itu agar amal kita di terima Allah haruslah beramal dengan rasa ikhlas..


Sebagaimana firman Allah Dalam surat Al-kahfi ayat 110.:
  
Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa Sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, Maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".
Didalam hadis nabi :

Artinya
Yang paling aku takuti atas kalian adalah syirik kecil. Mereka bertanya, ‘wahai Rasulullah, apakah syirik kecil itu?’Beliau menjawab, ‘yaitu riya’”(Hadis Riwayat. Ahmad dan Al-Albaghawi dalam SyarhusSunnah).
Penutup
·         Syirik adalah kezhaliman yang besar. Allah berfirman, surat Luqman:13
  
 Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".


·         Allah tidak mengampuni dosa syirik,jika ia meninggal dalam keadaan kemusyrik (Nisa’48):
 
 Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, Maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.


·         Orang yang berbuat syirik diharamkan masuk surga. Allah berfirman(Al-Maidah:72)
  
"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al masih putera Maryam", Padahal Al masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu". Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, Maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun".


·         Syirik menghapuskan pahala segala amal kebaikan. Allah berfirman (Al-An’am:88):
 
Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendakiNya di antara hamba-hambaNya. seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar